Skip navigation

Tabung Gas LPG 3kg dan perlengkapannya

Gambar di atas menunjukkan sebuah tabung LPG 3 kg beserta kelengakapannya. Yuk, kita lihat satu persatu lebih jauh dan kenali resiko dari penggunaan LPG 3 kg supaya aman pakainya.

1. Tabung LPG

LPG disimpan dalam bentuk cairan dalam wadah bertekanan. Untuk membuat LPG tetap dalam kondisi cair dalam suhu kamar, dibutuhkan paling tidak tekanan 10 barg, semakin tinggi suhu penyimpanan, makan dibutuhkan tekanan lebih tinggi. LPG yang beredar di Indonesia disimpan pada tekanan 30 barg. Sedangkan tabung LPG didesain hingga tekanan 140 barg (Sumber: Pak Jusuf Kalla dalam acara diskusi di DeltaFM). Jadi dalam kondisi pemakaian sehari-hari hampir mustahil kalau tabung LPG ini meledak. Kebocoran mungkin saja terjadi, biasanya letak titik kebocoran ada pada bagian yang di-las (sambungan antara bagian atas dan bawah tabung), ini merupakan bagian yang paling rentan kebocoran.

140 barg = 140 kg/cm2.

2. Katup searah (Non-Return Valve, Klep, Check Valve)

Prinsip kerja katup ini mirip dengan pentil pada ban kendaraan. Fungsinya untuk mencegah isi tabung keluar tak terkendali akibat perbedaan tekanan. Dalam kondisi tak terpakai, dia akan menutup aliran gas yang keluar, baru setelah ditekan oleh regulator akan membuka dan LPG akan keluar. Didalamnya terdapat seal karet untuk memastikan pertemuan antara katup dan regulator tidak ada celah. Bagian ini paling rentan terjadi kebocoran, bisa saja karet seal sudah tidak lentur lagi sehingga ada celah ketika regulator dipasang.

3. Regulator

Regulator berfungsi untuk menurunkan tekanan LPG dari dalam tabung sebesar 30 barg hingga hampir mendekati tekanan atmosfir. Setelah tekanan turun, cairan LPG berubah menjadi gas dan mengalami ekspansi (pemuaian). Regulator yang baik dapat mengunci rapat ketika dipasangkan diatas katup satu arah sehingga tidak ada gas yang keluar. Untuk mengetahui adanya kerusakan atau kebocoran pada regulator cukup mudah, akan terdengar suara berdesis dari regulator ketika tombol diputar searah jarum jam. Kalau terdengar suara ini, cabut segera regulator dan buka pintu dan jendela untuk sirkulasi udara.

4. Selang

Selang LPG terbuat dari karet dan lentur. Seiring waktu berjalan, kelenturan akan berkurang, selang yang getas rentan bocor. Ada baiknya apabila selang ini diganti secara berkala berikut dengan regulator.

Menggunakan LPG yang aman

1. Saat penerimaan dari distributor

Timbanglah LPG yang anda terima, pastikan segel terpasang dan masih utuh. Ini adalah langkah pertama mendeteksi kebocoran pada tabung.

2. Saat pemasangan regulator ke katup

Pastikan regulator terpasang tegak dan dapat terkunci dengan baik dan tidak ada suara mendesis. Bila ada suara mendesis, cabut regulator, hentikan pemasangan dan buka ventilasi.

3. Saat akan  memasak/menyalakan kompor

LPG memiliki bau yang khas karena ditambahkan aditif (mercaptan). Pastikan sebelum menyalakan kompor, tidak tercium adanya bau. Apabila tercium bau LPG, jangan nyalakan kompor kemudian  matikan listrik dan buka pintu dan jendela. Lepaskan segera regulator dari katup, dan bawa tabung LPG keluar ruangan.

4. Setelah penggunaan

Rawatlah kompor gas secara rutin, jangan biarkan ada sumbatan pada distributor gas kompor. Gantilah selang dan regulator secara periodik, jangan memaksakan untuk memperbaiki sendiri.

Untuk lengkapnya bisa lihat di sini dan lihat juga tulisan sebelumnya.

penulis adalah seorang Lead Process/Senior Safety Engineer di sebuah perusahaan konsultan engineering di Jakarta

2 Comments

  1. mas aku budi ekp prsetyo. mahasiswa yai
    aku pengen tahu ukuran ppm gas tabung lpg kadar normalnya berapa, ? dan berapa ppm nya toleran si gas itu keluar tapi tidak berbahaya,, harap di balas trims

  2. Budi, berdasarkan MSDS (Material Safety Datasheet), lower flammability limit (LFL) dari LPG adalah 1.8-1.9 % volume dan Upper Flammability Limit (UFL) sekitar 9.5 % volume.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: