Skip navigation

Menjelang 17 Agustus nih, sebentar lagi peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tercinta yang ke 64. Ibarat manusia, Indonesia masih bayi, masih kecil dan akan terus tumbuh dan menjadi besar. Tapi semua tergantung manusia-manusia di dalamnya. Kalau manusia-manusia di dalamnya enggan mengembangkan diri, ya jangan harap bangsa ini menjadi besar.

Sering menjadi pertanyaan, “Apa yang bisa kamu berikan untuk bangsa ini?”

17 Juli kemarin menjadi momen titik balik untuk bangsa ini maju lebih jauh, meski untuk menunjukkan itu harus melalui sebuah peristiwa mengenaskan. Lagi-lagi bom, teroris, tapi justru bom ini meledakkan semangat yang lebih dahsyat, setidaknya di dunia maya, ya gerakan #IndonesiaUnite, sebuah gerakan yang berawal dari rasa amarah dan kesedihan atas peristiwa bom bunuh diri di hotel JW Marriot dan Ritz Carlton Jakarta.

Gerakan #IndonesiaUnite ini kemudian bergulir menjadi lebih besar, dari pernyataan #IndonesiaUnite against terrorism, menjadi gerakan yang lebih nyata. Gerakan ini membawa pesan, bahwa Indonesia bukan negara teroris, dan kami mengutuk teroris, sekaligus menyatakan masih banyak yang indah yang bisa anda dapatkan di Indonesia.

Gerakan ini kemudian menjadi lebih nyata, karena dampak bom bunuh diri ini ternyata juga menghantam para pedagang kaos yang sedianya berharap untuk mendapat untung atas digelarnya perhelatan pertandingan antara Manchester United dan PSSI All Star dalam rangka MU Asian Tour. Pertandingan ini harus dibatalkan karena Ritz Carlton, tempat tim MU menginap menjadi sasaran bom bunuh diri kali ini. Hal ini meninggalkan puluhan pedagan kaos dan merchandise dengan harapan hampa. Terbayang sudah kaos dan merchandise yang hanya akan menjadi tumpukan barang tak laku, kerugian dan hutang yang harus ditanggung oleh mereka. Diantara keputusasaan itu, atas inisiatif beberapa orang teman, mereka membeli kaos yang tidak laku tadi dan dijadikan kaos bolak-balik alias bolbal , dari Manchester United menjadi #IndonesiaUnite. Tentu, ini menyelamatkan beberapa pengrajin kaos yang semula sudah putus harapan.

Itulah sekelumit apa yang dilakukan anak bangsa dalam menjawab pertanyaan, “Apa yang bisa kamu berikan untuk bangsa ini?”

Lalu apalagi yang bisa kita sebagai anak bangsa, sebagai pewaris tanah air ini untuk bangsa ini. Banyak, namun saya hanya akan mengajak kita semua melakukan sesuatu yang sederhana. Jadilah manusia Indonesia yang lebih baik, untuk Indonesia yang lebih baik.

Kalau kamu pelajar, jadilah pelajar yang lebih baik, dengan nilai lebih baik, tidak mencontek dan aktif dalam kegiatan di lingkungan sekolah atau kampus.

Kalau kamu pengguna jalan, jadilah pengguna jalan yang baik, taati peraturan lalu lintas.

Kalau kau seorang penumpang angkutan umum, jadilah penumpang yang baik dengan menunggu bus di halte.

Buanglah sampah pada tempatnya, merokok hanya di ruang yang telah disediakan. Banyak sekali hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan sehingga kita menjadi manusia yang lebih baik dan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik pula.

BETTER YOU FOR BETTER NATION!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: