Skip navigation

originally posted on my deleted blog

Rock Under the Stars
1,5 hours of musical orgasm

Sejak lama gue mengidamkan untuk bisa nonton konser Incubus. Dari pertama kali gue mendengar musik mereka di sekitar tahun 2000 ketika album Morning View di rilis. Mulai dari situ, gue mencari dan mengumpulkan album mereka, menjadi fans yang bisa dibilang cukup fanatik.

Berita gembira diawal tahun 2008, ketika gue mendengar kabar kalo mereka akan manggung di Jakarta tanggal 5 maret, sangat excited… dan tentu saja menjadi moment yang paling gue tunggu. Sayang, gue harus pindah ke Singapura di awal tahun 2008 ini. Sempet kecewa karena dengung konser mereka gak terdengar disini (atau mungkin gue yang kurang cari info?). Namun, beberapa minggu lalu, gue dapet info, kalo mereka juga bakal mengunjungi Singapura, wow! gue harus nonton… tanpa ragu, gue cari tiket lewat sistic. Yups! Dapat… seharga S$ 127, well what the heck lah… once in a lifetime moment!

Dan saat yang dinantikan pun tiba, tadi malam di Fort Canning Park, konser Incubus digelar, dengan band pembuka SAOSIN. Malem itu cukup cerah, tanpa awan dan langitpun dihiasi oleh bintang gemintan, perfect night in the park for a concert worth waiting for. Tempat konser yang di taman, menambah sempurna suasana. Outdoor dengan minim security (unlike Jakarta, kalo di ruang terbuka, pasti dengan barikade, gue yakin kalo di Jakarta, penonton pasti membludak, dan sebagian besar tanpa tiket).

Opening Act

SAOSIN membuka konser dan memanaskan penonton dengan lagu-lagu mereka, sayang gue ngga terlalu ngeh dengan band ini, jadi lagu mereka tidak terlalu menjadi perhatian gue. Hanya satu lagu yang gue ngeh dan tahu, yaitu seven years, selain itu, gue gak terlalu memperhatikan. Sibuk mencari tempat yang enak dan pas untuk menikmati malam itu.

Penampilan SAOSIN cukup memanaskan suasana, dengan membawakan kurang lebih 10 lagu dari album mereka. Sang vokalis pun mencoba berinteraksi dengan crowd, dan lumayan berhasil. Penonton yang terdiri dari beragam usia bisa cukup interaktif dengan mereka, terlebih mereka yang masih tergolong abg.

Sayangnya gue datang agak terlambat dan worst thing is ketika gue mau masuk, kamera gue tertahan security dan terpaksa harus ditinggal dan dititipkan di meja deposit counter.

Incubus Rocks!!

Selesai pembukaan oleh SAOSIN, 45 menit kemudian tepat pukul 9.00 malam, Incubus menaiki panggung, Brandon, Mike, Jose, Kilmore and Ben… Diawali dengan countdown, konserpun dimulai dengan lagu pembuka Quicksand dari album teranyar mereka Light Grenades. Penonton riuh bertepuk tangan dan berteriak… great!! Selama satu menit lebih, Quicksand menjadi pembuka konser mereka, yang langsung disambung dengan A kiss to send us off masih dari album Light Grenades, penonton termasuk gue semakin menggila, berlompat, jejingkrakan sambil meneriakan lirik “a kiss to send us off!” dan tanpa perlu komando dari Brandon, penonton ikut bernyanyi. Suasana pun semakin panas, awal dari perjalan musik Incubus sekaligus musical orgasm.

Selesai membawakan A KISS TO SEND US OFF, Brandon jeda sejenak, sementara Ben, Mike, Jose and Kilmore, jam session sebentar, yang ternyata menjadi intro lagu berikutnya, Nice to Know you, dari album Morning View, yang I personally think is the best album of Incubus. Gue sendiri makin terbawa suasana, begitu juga penonton terutama yang young adults, yang abg ada yang terbengong, karena mungkin mereka belum pernah mendengar album ini. Bernyanyi, berteriak, mengikuti Brandon, tanpa perlu komando, menikmati. Brandon sendiri tak perlu berinteraksi dengan kami, cukup bernyanyi, karena itulah mereka datang kesini, bermusik, bukan bercengkrama dengan crowd. Beberapa menit kemudian, selesai lagu Nice to Know you, dan disambung dengan Wish you were here, one of their hits from Morning View, penonton semakin histeris, puncak orgasm semakin dekat… kami semua terbawa dalam kenikmatan sendiri, apalagi sambil menengadah, melihat bintang… just perfect!

Musik terus dimainkan, Anna molly menyambung Wish you were here yang selesai dimainkan. Penonton tetap menggila, berjingkrakan, berteriak sambil ikut bernyanyi. Selesai Anna molly, gesekan kasar Mike membahana, gue tahu lagu ini, dari album S.C.I.E.N.C.E, gue liat abg disebelah gue bengong… seolah gak ngerti lagu apa ini, bener aja… VITAMIN dari tahun 1997, mereka mungkin baru berumur 7 tahun waktu itu… ah gak peduli, gue berteriak, berlompat, bernyanyi. Suasana bertambah seru, selesai vitamin, kembali dihentak dengan Favorite Things masih dari album yang sama…

Drive, the anthem of Incubus fans

Cukup dengan hentakan dua lagu yang cukup keras dari album S.C.I.E.N.C.E,  Brandon istirahat sejenak, sementara Chris Kilmore berulah dengan turntablenya, gue langsung connect, mencoba meraba lagu apa berikutnya, bener aja, lagu berikutnya The Warmth dari album Make yourself, lagi-lagi, penonton tanpa komando bernyanyi bersama,”don’t let the world bring you down, not everyone here is that fucked up and cold…” bener-bener menghipnotis, terutama yang satu generasi dengan gue, yang cukup ngeh dengan lagu-lagu dari album2 sebelumnya.

The warmth pun selesai, tiba-tiba musik berhenti, Kilmore diam, begitu juga Ben dan Jose… Kemudian Mike mulai petikan gitarnya, kami semua histeris saat itu… Yups, Drive, the anthem of Incubus fans… Brandon bernyanyi hanya diiringi petikan gitar dari Mike, kami semua terhanyut dan ikut menyanyi… luar biasa, gue merinding… “Should you choose water over wine… hold the wheel and drive… whatever tommorow brings I’ll be there with open arms and open eyes…”
AMAZING, kami semua seperti dihipnotis oleh lagu ini… direfrain terakhir, Ben, Jose dan Kilmore join in… hmm wonderful…

Yang membedakan adalah, Brandon gak perlu mengajak audiencenya untuk ikut bernyanyi dan berinteraksi, he just sing and scream and everybody will follow…Truly a great singer and front man…

Close to the End…

Setelah Drive, disusul oleh Oil and Water, dari album Light Grenades, kami masih terhipnotis dan terus menikmati musical orgasm ini. Kemudian sambung menyambung lagu dari album A Crow Left off the Murder, Pistola, Talk shows on mute, Sick Sad Little World dan tentu saja MEGALOMANIAC, the crowd just went crazy ketika lagu ini dimainkan, semua berteriak, berlompat dan bernyanyi sambil mengacungkan kepalan tangan ke udara. It was just crazy!

Habis megalomaniac, jeda sejenak, dan suara yang sangat familiar ditelinga gue terdengar”stellaaaaaarrrr….” I just went crazy, dan yup, stellar dimainkan… wow, bener-beern gila…keren abis… “You’re stellar… How do you do it, makes me feel like I do, How do you do it, It’s better than I ever knew… oooo”. Gue sudah kehabisan kata-kata buat menggambarkan suasana dan kepuasan gue saat itu. Selesai lagu Stellar, mereka turun dari panggung and as always in every concert, the crowd was screaming “WE WANT MORE!!” Yup, definitely we want some more of INCUBUS.

Closing, it has to end now…

Beberapa menit kemudian mereka naik lagi ke panggung, they are giving us some more of their magical music, bersiap untuk menghentak kami lagi, menghipnotis kami di Fort Canning Park, benar-benar Fort Canning Park hidup oleh hentakan music Incubus dan teriakan para fansnya. Circles dari Morning View membuat penonton terkesiap. Mereka kembali bernyanyi, melompat dan berteriak. Selesai membawakan Circles, mereka diam… owh tampaknya hampir berakhir… dan kemudian, Mike datang, membawa gitar atau Sitar? ah gue gak gitu jelas ngeliatnya, dari petikannya gue hafal lagu ini… Aquaeous Transmission…. Ah… vokal Brandon diiringi petikan sitar Mike, membuat malem itu semakin terasa menakjubkan. Aquaeous Transmission pas banget dijadikan lagu penutup… satu persatu mereka turun, Jose, Kilmore, Brandon, Ben, Mike masih memaikan bagian akhir dari Aquaeous Transmission… Ah… AMAZING. It was just FREAKING AWESOME!! Malam itu mesti berakhir, tersimpan di memory gue, 1.5 jam musical orgasm. It was just AMAZING, no other words.. AMAZING journey of Incubus musical experience. Thank you Incubus… You guys rocks Singapore tonight!!

Meminjam iklan dari mastercard

Concert ticket…. S$127
Concert T-shirt….S$40
A can of beer…. S$6
Losing your voice screaming at Incubus concert… PRICELESS!

Leave a Reply

